Thursday, November 10, 2011

Teh Hijau Setiap Hari Jauhkan Flu


 
Manfaat teh hijau sungguh beragam mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah flu. Penelitian terbaru menunjukkan tiap minum 2 cangkir teh hijau tiap hari mampu menjauhkan resiko orang terkena flu hingga 70 %.
  Peneliti Jepang Hiroshi Yamada MD, Ph.D menemukan dua zat utama dalam teh hijau yang mampu menjaga flu dalam tubuh yaitu catechin dan theanine. Keduanya adalah anti oksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit.
  Peneliti minta partisipan untuk minum pil yang mengandung 378 mg catechin (setara dengan 2 cangkir teh hijau) dan 210 thenine (setara dengan 4 cangkir teh hijau) selama 5 bulan tiap hari. Tetapi hasilnya 4 % saja bisa menjauhi resiko jauh dari flu.
  Tapi yang hal berbeda terjadi ketika partisipan diminta minum langsung 2 cangkir teh hijau setiap hari. Hasilnya partisipan bisa menjauhi resiko terkena flu hngga 70 %.
  Catechins mampu mengikat virus influensa, Sedangkan theanine di yakini mampu meningkatkan imunitas." kata Dr. Yamada seperti dilansir di Mens Health.com kemarin.
  Untuk mendapatkan manfaat minum 2 cangkir teh hijau itu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.
- Teh berupa rebusan daun lebih baek daripada teh dalam kantung. Para ahli mengatakan teh dalam bentuk daun yang di rebus memiliki konsentrasi senyawa catechi dan theanine lebih tinggi di bandingkan teh yang di seduh dari kantung.
- Seduh teh dalam air yang panas dan lama, Menyeduh teh hijau dalam waktu yang lama pada suhu air lebih dari 100 derajat celcius mampu meningkatkan konsentrasi catechin.
- Jangan ganti teh hijau dengan yang lain, Teh hijau mengandung kadar catechin dan theanine yang paling tinggi di banding teh jenis lain untuk  mencegah flu.Namun jika terpaksa tidak ada teh hijau dalam persediaan anda, Teh putih atau teh oolong bisa jadi alternatif lain untuk penggantinya.
  dalam journal of agricultural and food chemistry di sebutkan teh hijau banyak mengandung catechin, anti oksidan yang paling banyak berguna untuk mencegah penyakit.

No comments:

Post a Comment