Friday, November 25, 2011

Cara Mengatasi Kantuk Yang Tak Tertahankan


   
  Jika anda sering mengantuk menjelang makan siang, mungkin sarapan yang anda makan salah. Cobalah ganti menu yang anda makan dengan telur rebus terutama bagian putih telur. Protein yang terkandung di dalamnya membantu anda tetap terjaga dan merasa waspada.
  Para ilmuwan telah menemukan bahwa protein telur, khususnya yang di temukan pada putih telur, dapat membantu orang tetap terjaga dan merasa waspada, sehingga tidak mudah mengantuk saat beraktifitas. Protein pada putih telur lebih efektif ketimbang karbohidrat yang ditemukan pada coklat, biskuit atau permen yang sering diandalkan untuk meningkatkan energi dengan cepat.
  Peneliti Cambriedge University mempelajari bagaiamna nutrisi mempengaruhi sel - sel otak yang membuat orang tetap terjaga dan membantu membakar kalori.
  Suatu campuran yang mirip dengan kandungan protein putih telur mengaktifkan sel - sel otak sehingga memicu pelepasan stimulan orexin, sedangkan gula justru memblokir pelepasan orexin, sehingga memakan  gula  akan membuat orang menjadi mudah mengantuk.
  Hormon orexin merupakan hormon yang di  produksi di otak. Kekurangan hormon orexin sering di temui pada penderita narcolepsia, yakni rasa kantuk yang berlebihan pada siang hari yang kadang - kadang memicu serangan tidur yang tidak terkendali. pelepasan hormon orexin akan mengurangi rasa kantuk dan akan membuat orang lebih terjaga.
" Yang menarik adalah bagaimana cara memiliki cara rasional untuk "tune" sel - sel otak menjadi lebih atau kurang aktif dengan memutuskan makanan apa yang akan anda makan, Penelitian menunjukkan bahwa jika anda memiliki pilihan antara selai di roti bakar dan atau putih telur di atas roti panggang, maka pilihlah yang ke dua (putih telur di atas roti panggang)." Jelas Dr. Dennis Burdakov.

No comments:

Post a Comment