Wednesday, November 30, 2011

Mengawali Bisnis atau Usaha Rumah Tangga


  
Memulai usaha tak harus memerlukan modal besar. Dengan sedikit usaha dan kreatifitas kita bisa mengawali usaha layanan rumah tangga atau Home Service Business. Usaha Layanan rumah tangga adalah usaha jasa yang memberikan pelayanan ke rumah, Apa saja yang bisa dijadikan usaha layanan rumah tangga? Yakni, mulai dari jasa menjual dan mengantarkan bahan makanan pokok, jasa cuci mobil panggilan, mobile spa, laundry (dari pakaian, karpet hingga sofa), salon hewan hingga membersihkan apartemen pun bisa. Bagaimana mengawalinya dan system kerjanya? Berikut ini lembahperawan.blogspot.com akan memberikan panduannya:
1. Lebih Menguntungkan. Sebelum serius dalam usaha ini, ada baiknya kita memahami  dulu system kerja usaha layanan rumah tangga. Apa pun  usaha yang kita pilih, yang jelas tidak sedikit keuntungan bisa  kita dapatkan. Pertama, berhubung usaha jasa ini mengandalkan panggilan, maka modal utamanya adalah telepon atau handphone. Jadi, sudah dipastikan modal yang Anda perlukan tidak besar. Toh, Anda akan lebih banyak menerima panggilan. Dengan beberapa juta saja usaha ini sudah berjalan. Dan itu pun untuk melengkapi sejumlah alat yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Anda. Misalnya, Anda memilih bisnis layanan rumah tangga berupa laundry panggilan. Alat yang dibutuhkan antara lain: mesin cuci plus pengering, steamer atau strika uap (setrika biasa pun bisa). Pasalnya, Anda hanya datang menjemput pakaian kotor, mencucinya di temapt Anda dan mengantarkan kembali ke pelanggan dalam keadaan bersih dan rapi. Jika Bisnis layanan rumah tangga Anda berupa mobile spa atau salon hewan panggilan yang Anda pilih, Anda hanya perlu menyiapkan bahan dan perlatan untuk memberikan jasa tersebut. Peralatannya pun tidak besar dan banyak. Jadi, tidak terlalu merepotkan. Kedua, karena mendatangi pelanggan, Anda tak membutuhkan tempat untuk menjalankan usaha, Anda bisa melakukan usaha di rumah. Dengan begitu, Anda tak perlu menyiapkan dana untuk sewa tempat ataupun membangun sarana yang menunjang usaha ini. Hal ini tentu membuat biaya operasional pun tidak besar.
2. Sarana Penunjang. Karena Anda yang mendatangi para pelanggan ke rumah dengan membawa sejumlah barang dan perlatan kerja, tentu Anda membutuhkan kendaraan. Jika belum memiliki kendaraan senditi dan modal usaha tak banyak, cari saja kendaraan bekas untuk membantu kelancaran usaha ini. Bisa juga menyewa kendaraan milik teman sebagai permulaan sebelum mampu membelinya sendiri. Kendaraan roda 2 atau roda  4, sesuaikan saja dengan usaha yang Anda jalani. Lalu bagaimana dengan tenaga kerjanya? Tak perlu melakukan semuanya sendiri. Apalagi jika usaha ini adalah pekerjaan sampingan. Untuk tahap awal,carila 1-2 pegawai yang bisa emmbantu. Anda bisa mencari tenaga bantuan dari lingkungan sekitar yang pendidikannya tidak terlalu tinggi dan mau berkerja sesuai usaha yang Anda tekuni. Namun untuk mobile spa, Anda memang perlu mencari karyawan dengan kemampuan tersebut. Kalau pun tisak, Anda perlu member atau mengikutkan karyawan tersebut kursus sesuai pekerjaannya.
3. Jangan Lupa Promosi. Setelah semua persiapan beres, sekarang saatnya Anda memperkenalkan bisnis layanan rumah tangga ini. Ada banyak cara mempromosikan usaha Anda. Selain memberitahukan teman-teman via blog dan situ jejaring sosial, Anda juga bisa menyebarkan brosur. Titipkan brosur tersebut di apartemen, komplek perumahan atau tempat-temapt umum yang memungkinkan. Jangan lupa, dalam brosur atau promo online itu, tonjolkan kelebihan usaha bisnis layanan Anda, yaitu “Bisa dipanggil ke rumah!” Dengan begitu, pelanggan tidak perlu kehilangan waktu karena Andalah yang  mendatangi mereka. Bila perlu, berika penawaran khusus pada para pelanggan berupa potongan harga atau gratis sekali untuk pemakaianjasa setelah 5 kali.
“Saya memulai bisnis ini baru sekita setahun. Modal awalnya hanya Rp15 juta, untuk membeli peralatan, seprti mesin cuci, vacuum cleaner, steamer dan sebagainya. Bisnis saya meliputi laundry, home cleaning dan treatment untuk tubuh seperti massage. Segmen kami adalah penghuni apartemen, karena mereka biasanya ingin yang serba cepat, praktis dan tidak mau repot. Jad ketika mereka butuh apartementnya dibersihkan atau bajunya dicuci, mereka tinggal menelpon kami. Untuk tenaga kerja, di tampat saya baru ada 3, untuk treatment, cleaning dan antar jemput. Kami melakukan pemasaran dengan cara membuat brosur dan kami titipkan di berbagai apartemen. Berawal dari mulut ke mulur, pelanggan kami meningkat setiap harinya. Tidak sampai setahun, modal saya sudah kembali.” Maya Permana, pemilik Home Business Service, Green Look.
Ingat kunci sukses bisnis layanan rumah tangga selain pelayanan yang memuaskan adalah siap dan ceapt dipanggil kapan pun. Jadikan ini moto usaha Anda.
Selama memulai bisnis!

No comments:

Post a Comment