Thursday, November 10, 2011

KUA Kebanjiran Nikah 11 / 11 / 11


   
  JAKARTA, Banyak yang menjadikan tanggal cantik 11 November 20011 atau 11 / 11 / 11 Jumat sebagai tanggal pernikahan. Kantor Urusan Agama ( KUA ) pun kebanjiran orderan pernikahan pada tanggal cantik tersebut.
  "Banyak sekitar 13 orang, ya mungkin mereka sudah punya planning, mungkin momen - momen bersejarah. Semua bulan baik, cuma momentum dari yang bersangkutan di anggap lebih baik.Karena pas harinya hari besar islam, Jumat pas tanggal dan tahunnya", Ujar kepala KUA Kelapa Gading, Jakarta Utara Fahrurozi, Selasa (8/11).
  Jumlah pasangan yang dinikahkan pada hari itu, menurut Fahrurozi jumlahnya lebih banyak di bandingkan dengan hari sabtu dan minggunya yang hanya sekitar 8 pasangan. Namun KUA Kelapa Gading tak sampai menolak calon pasangan yang akan menikah, karena jumlah pasangan yang akan di nikahkan tergolong sedikit di bandingkan dengan KUA yang lain di Jakarta Utara.
  "Memang sedikit di bandingkan dengan KUA yang lain, cuma 3 kelurahan, Namanya momentum akad pada prinsipnya tidak bisa menolak, Yang bisa maju atau mundur tergantung yang punya hajat." katanya.
  Yang juga kebanjiran permintaan pernikahan adalah KUA Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.KUA kecamatan Palmerah menerima 30 pasangan yang minta di nikahkan di KUA itu. "Banyak sekitar 30 an pasang,Alhamdulillah mungkin cukup, tidak kewalahan karena penghulu ada 5 orang. Lebih banyak hari jumat dari pada hari sabtu dan minggu yang jumlahnya 20 an pasang. ya karena memang hari baik." Ujar bendahara KUA Kecamatan Palmerah. Heri ketika berbincang dengan detik com.
  Heri, menambahkan di kecamatan lain seperti cengkareng lebih banyak lagi pasangan yang minta dinikahkan. "ya dimana - mana banyak tanggal segitu ." kata Heri.
  Hal yang senada juga dikatakan oleh bendahara KUA Mampang Jakarta Selatan, Yatmi. sekitar 18 pasangan minta dinikahkan pada hari itu . "Alhamdulillah ya, tetapi saya tidak tau persis jumlahnya di bandingkan dengan hari sabtu atau minggu." Jelas Yatmi.
  Tak cuma di Jakarta calon pengantin Nia Rachmawati Agustin (26) yang akan menikah pada 11 / 11 / 11 di Gresik. jawa timur katanya sudah ada puluhan pasangan yang antre untuk dinikahkan pada tanggal itu."Petugas KUAnya menolak karena saya daftarnya dua bulan sebelum hari H. Mereka maunya satu bulan sebelum hari H, Tapi karena calon suami domisili di Jakarta dan baru bisa sekarang jadi di bolehkan. Saat mengecek lagi sekarang sudah ada 25 pasang calon pengantin yang akan menikah." Ujar Nia yang mendaftar nikahnya di KUA kecamatan bungah, Gresik, Jawa Timur.
  Order menumpuk, Tanggal Cantik 11 / 11 / 2011, juga menjadi pintu rejeki bagi beberapa pelaku usaha terkait pernikahan, termasuk jasa foto pernikahan.Mereka bahkan sampai kehabisan fotografer.Seperti itulah yang di alami Danto Adityo, Pemilik colorfull photography asal Yogyakarta. "Ramai sekali untuk tanggal - tanggal cantik. 3 Minggu ini kita rekor orderan sampai kehabisan fotografer," Ujar Danto yang mengaku pernah menerima order sampai Papua.
  Untuk tanggal istimewa itu. Dantopun terpaksa menyewa tenaga - tenaga freelance agar bisa memenuhi permintaan para klien." Setiap Timnya ada penanggungjawab jadi kualitas tetap terjamin." Ungkap pria lulusan tekhnik Elektro UGM ini. sebanyak 6 senior di miliki colorfull photografy. sementara fotografer biasa ada 10 orang. " Kami di bantu 2 orang pada editing Sementara fotografer lainnya juga mempunyai kemampuan editing." terang Danto yang memasang tarif paket standar dokumentasi pernikahan sebesar 4,5 juta rupiah.
  Pengerjaan editingpun tergantung ramai tidaknya orderan. Bila orderan tidak ramai tim Danto bisa menyelesaikannya selama 2 minggu. Namun bila ramai seperti tanggal cantik 11 / 11 / 11 , Danto mengaku pengerjaannya bisa mencapai 1 Bulan lamanya. "Tapi sebelumnya kami memberikan pengertian kepada klien tentang lama tidaknya pengerjaan editing foto". Tutup pria kelahiran Jakarta ini.

No comments:

Post a Comment